Kamis, 07 Juli 2011

RPP Bahasa Indonesia SMK Kelas XI Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah : SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Waktu : 35 X 45 menit
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.7 Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi

Indikator:
• Berkomunikasi dengan menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun.
• Memfaatkan pola gilir dalam berkomunikasi secara efektif

Materi Ajar (Materi Pokok):
 Film/naskah drama/sinetron:Unsur intrinsik;peran dialog
 Diskusi kelompok:sistem dan teknik diskusi; jenis diskusi; komponen (moderator, notulis, peserta, dan publik); pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam diskusi)

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
 Berkomunikasi dengan menggunakan kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun.
 Memfaatkan pola gilir dalam berkomunikasi secara efektif

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil
- Masing-masing kelompok terbagi ke dalam kelompok diskusi dan pemeranan drama satu babak
- Masing-masing kelompok membuat format penilaian pola gilir terhadap masing-masing tampilan kelompok diskusi dan pemeranan dalam drama
- Masing-masing kelompok menampilkan konteks pola gilir yang mereka pahami.
- Menyimpulkan dan memberi penguatan terhadap hasil kelompok menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi dalam bentuk komunikasi yng berbeda (drama dan diskusi kelompok)

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari pola gilir dalam berkomunikasi.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .





Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian

Bahan/Sumber Belajar:
- Kaset/VCD drama.
- Parera,J.D. (1988).Belajar Mengemukakan Pendapat





Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)



Nama Sekolah : SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja

Indikator:
- Menggunakan kata atau ungkapan dalam memulai atau mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun non-formal secara tepat dan efektif
- Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan pernghargaan
- Mengalihkan topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
- Menyatakan pendapat yang berbeda tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun

Materi Ajar (Materi Pokok):
 Etika dan norma konversasi
 Model ungkapan yang efektif
 Kata/ungkapan yang bernuansa konflik

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
• Menggunakan kata atau ungkapan dalam memulai atau mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun non-formal secara tepat dan efektif
• Menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan pernghargaan
• Mengalihkan topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
• Menyatakan pendapat yang berbeda tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
 Membagi kelas atas kelompok-kelompok kecil
 Merencanakan desain percakapan dengan konteks lingkungan kerja
 Maisng-masing kelompok menunjukkan konteks percakapannya dengan menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi dengan memanfaatkan kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat sehingga terjamin kelangsungan dan kenyamanan komunikasi
 Mengungkapkan gagasan, tanggapan, pendapat, dan penghargaan
 Mengalihkan topik pembicaraan secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat
 Mengungkapkan gagasan, pendapat dan pandangan yang berbeda dengan tetap menjaga keberlangsungan dan kenyamanan berkomunikasi

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin cara bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian



Bahan/Sumber Belajar:
 Rekaman yang berisi model percakapan dalam konteks bekerja
 Modul B. Ind. tkt. Madia
 Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemukakan Pendapat







Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran





Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)



Nama Sekolah : SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja

Indikator:
 Menyampaikan gagasan yang tepat dengan topik diskusi
 Menyanggah pendapat tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan santun dan ekspresif
 Menyampaikan argumentasi terhadap topikdiskusi yang dibicarakan
 Menghargai mitra bicara yang menyampaikan argumen terhadp topik diskusi
 Menyusun simpulan berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat

Materi Ajar (Materi Pokok):
 Teknik atau cara menyampaikan gagasan yng relevan
 Ungkapan yang mendukung gagasan
 Teknik atau cara menyampaikan gagasan yang berbeda atau menyanggah pendapat orang lain
 Konsep dan teknik berargumentasi
 Konsep dan teknik menyampaikan simpulan

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
 Menyampaikan gagasan yang tepat dengan topik diskusi
 Menyanggah pendapat tanpa menimbulkan konflik dalam suatu forum diskusi dengan santun dan ekspresif
 Menyampaikan argumentasi terhadap topikdiskusi yang dibicarakan
 Menghargai mitra bicara yang menyampaikan argumen terhadp topik diskusi
 Menyusun simpulan berdasarkan fakta, data, dan opini dengan tepat

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Kelas dibagi atas dua kelompok (penyanggah dan pedukung)
- Setiap kelompok diberikan permasalahan yang sama
- Kelompok yang satu menyampkan gagasan yang relevan dengan menggunakan ungkapan yang tepat
- Kelompok yang lain menyampaikan alasan, bukti yang bertentangan dengan pendapat kelompok sebelumnya
- Mengomunikasikan argumentasi dan pernyataan penghargaan secara meyakinkan dan simpatik
- Menyampaikan simpulan dengan tepat atas dasar fakta dan opini

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari cara berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian

Bahan/Sumber Belajar:
- Tarigan,H.G. (1984). Keterampilan Berbicara
- Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemukakan Pendapat
- Modul B. Indonesia Tkt. Madia





Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd





















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah : SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.10 Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja

Indikator:
- Mengemukakan gagasan, pendapat, atau komentar dalam kalimat yang menarik dan santun dengan memperhatikan butir-butir yang akan dibahas
- Menyanggah pendapat orang lain dalam kalimat yang santun dengan tetap menghargai pendapat mitra bicara
- Meyakinkan mitra bicara untuk menyetujui pendapat pembicara dengan sikap dan kalimat yang cermat, serta argumentasi yang rasional

Materi Ajar (Materi Pokok):
- Program kegiatan dari OSIS
- Butir-butir yang harus diperhatikan dalam membahas suatu program kegiatan
- Kiat yang efektif untuk menyanggah suatu program kegiatan
- Kiat yang efektif untuk meyakinkan mitra bicara

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
o Mengemukakan gagasan, pendapat, atau komentar dalam kalimat yang menarik dan santun dengan memperhatikan butir-butir yang akan dibahas
o Menyanggah pendapat orang lain dalam kalimat yang santun dengan tetap menghargai pendapat mitra bicara
o Meyakinkan mitra bicara untuk menyetujui pendapat pembicara dengan sikap dan kalimat yang cermat, serta argumentasi yang rasional

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Menelaah suatu program kegiatan OSIS
- Membahas tentang isi kegiatan dengan cara menyampaikan pendapat dalam kalimat yang santun
- Menyanggah gagasan atau pendapat secara rasional dan kritis dalam kalimat yang santun pada saat membahas program kegiatan
- Mengemukakan pendapat dengan kalimat yang baik
- Menyampaikan argumentasi dengan daya nalar yang mampu meyakinkan mitra bicara

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin belajar bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian

Bahan/Sumber Belajar:
- Keraf.G. (1987). Argumentasi dan Narasi
- Parera,J.D. (1988). Belajar Mengemukakan Pendapat
- Modul B. Ind. Tkt. Madia
- Mustakim. (1994). Membina Kemampuan Berbahasa.






Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd
























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah : SMK Swsata Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.11 Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja

Indikator:
- Menyampaikan fakta (dalam tuturan deskriptif, nratif, ekspositoris) yang berkenaan dengan keadaan atau peristiwa yang dilaporkan
- Menyampaikan keadaan atau peristiwa secara kronologis (dalam tuturan deskriptif/naratif/ekspositoris) sesuai dengan tuntutan keadaan atau peristiwa yang dilaporkan secara lisan
- Menyampaikan rangkuman (kategorisasi) atau simpulan (analisis/sintesis) dengan benar

Materi Ajar (Materi Pokok):
• Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam laporan lisan
• Penanda urutan waktu kejadian (kronologis)
• Teknik membuat rangkuman/simpulan
• Teks yang memuat laporan tentang sesuatu peristiwa atau keadaan

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
- Menyampaikan fakta (dalam tuturan deskriptif, nratif, ekspositoris) yang berkenaan dengan keadaan atau peristiwa yang dilaporkan
- Menyampaikan keadaan atau peristiwa secara kronologis (dalam tuturan deskriptif/naratif/ekspositoris) sesuai dengan tuntutan keadaan atau peristiwa yang dilaporkan secara lisan.
- Menyampaikan rangkuman (kategorisasi) atau simpulan (analisis/sintesis) dengan benar

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
• Mengamati suatu peristiwa dalam konteks bekerja
• Mengidentifikasi kronologis, dan fakta yang berkenaan dengan peristiwa yang tengah diamati
• Membuat kerangka laporan
• Menyajikan laporan lisan secara santun dan jelas dalam bentuk tuturn deskriptif/naratif/ekspitoris
• Menyajikan laporan lisan secara kronologis
• Menyampaikan rangkuman atau simpulan yang akurat berdasarkan hasil nalisis/sintesis atau kategorisasi

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian

Bahan/Sumber Belajar:
• Keraf.,G. (1987). Deskripsi dan Eksposisi
• Keraf,G. (1987). Argumentasi dan Narasi




Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd

























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)



Nama Sekolah : SMK Swsata Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif

Indikator:
• Menulis suatu kejadian dalam bentuk narasi serta memuat unsur-unsur yang melingkupinya secara kronologis
• Membuat deskripsi secara dari gambar /bagan/tabel/grafik/diagram/ matriks yang dilihat atau didengar sepanajng 150-200 kaja dalam waktu 30 menit
• Membuat eksposisi dari suatu peristiwa
• Menyusun argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca tentang suatu peristiwa kerja agar menerima suatu sikap dan opini secara logis

Materi Ajar (Materi Pokok):
Narasi : pengertian; ciri-ciri;unsur intrinsik;tahap penulisan;jenis & sifat
Deskripsi : pengertian; ciri-ciri;unsur pengindraan;tahap penulisan:jenis & sifat
Eksposisi : pengertian; ciri-ciri; unsur; tahap penulisan; jenis & sifat
Argumentasi : pengertian; logika/nalar dalam argumentasi; ciri-ciri; unsur-unsur; tahap penulisan;jenis.
Contoh paragraf dari keempat jenis karanagn di atas

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
• Menulis suatu kejadian dalam bentuk narasi serta memuat unsur-unsur yang melingkupinya secara kronologis
• Membuat deskripsi secara dari gambar /bagan/tabel/grafik/diagram/ matriks yang dilihat atau didengar sepanajng 150-200 kaja dalam waktu 30 menit
• Membuat eksposisi dari suatu peristiwa.
• Menyusun argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan pembaca tentang suatu peristiwa kerja agar menerima suatu sikap dan opini secara logis

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
• Merumuskan judul/topik bahasan sesuai dengan jenis karangan yang ditentukan (narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi)
• Menyusun kerangka karangan
• Mengembangkan kerangka ke dalam paragraf yang utuh dan padu
• Menyusun paragraf ke dalam wacana yang utuh sesuai dengan rambu-rambu jenis karangan teretntu yang menjadi pilihannya

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian

Bahan/Sumber Belajar:
• Lamuddin Finoza. (2004-2005). Komposisi Bahasa Indonesia
• Keraf,G. (1987). Deskripsi dan Eksposisi.
• Keraf,G. (1987). Argumentasi dan Narasi
• Contoh teks narasi, deskripsi. eksposisi, dan argumentasi




Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)



Nama Sekolah : SMK Swsata Kristen BNKP Gunungsitoli
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 2
Kode Kompetensi : 2

Standar Kompetensi: 2 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar :
2.13 Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
2.14 Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja

Indikator:
• Mencatat butir-butir informasi yang akan diringkas dalam bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan jelas
• Menghitung jumlah kalimat yang menjadi isi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku
• Menyusun ringkasan teks secara jelas dalam bahasa yang baik dan benar
• Menyimpulkan suatu teks dengan menggunakan kalimat yang tidak ambigu, jelaas, lugas dan bernalar sesuai dengan informasi yang diperoleh

Materi Ajar (Materi Pokok):
 Contoh ringkasan yang berupa bagan (butir-butir saja)
 Contoh ringkasan dalam bentuk teks
 Teknik membuat bagan dan rangkuman
 Bentuk bagan yang digunakan untuk ringkasan
 Panduan/proses membuat ringkasan dari catatan butir-butir ke dalam bagan atau skema sampai kepada pengembangan ringkasan yang utuh
 Membuat ringkasan yang singkat dan padat dalam bahasa yang lugas dan jelas berdasarkan bagan yang telah dibuat
 Aspek nalar dalam menyusun simpulan: deduktif-induktif

Metode Pembelajaran: - Ceramah , tanya jawab dan Praktek

Tujuan Pembelajaran: Siswa diharapkan untuk :
• Mencatat butir-butir informasi yang akan diringkas dalam bentuk skema atau bagan dalam bahasa yang lugas dan jelas
• Menghitung jumlah kalimat yang menjadi isi ringkasan sesuai dengan rumus meringkas yang baku
• Menyusun ringkasan teks secara jelas dalam bahasa yang baik dan benar
• Menyimpulkan suatu teks dengan menggunakan kalimat yang tidak ambigu, jelaas, lugas dan bernalar sesuai dengan informasi yang diperoleh

Langkah-langkah kegiatan:
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
• Membaca dengan cermat contoh ringkasan dalam bentuk bagan/skema dan teks
• Membedakan kedua bentuk itu dari sisi bentuk dan fungsi
• Membuat suatu definisi ringkasan berdasarkan contoh yang diamati
• Membaca teks yang diberikan
• Menulis butir-butir ide pokok ke dalam bentuk bagan/skema.
• Membuat ringkasan secara utuh sesuai dengan persyaratan yang menjadi ketentuan
• Mengamati data yang disajikan, yakni berupa data nilai UAN pelajaran bahasa Indonesia yang diperoleh siswa SMK yang bersnagkutan
• Merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara induktif
• Merumuskan secara tertulis simpulan terhadap data tersebut dengan cara deduktif.
• Mengevaluasi perbedaan dari kedua jenis simpulan yang telah disusun

c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja dan menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .

Penilaian:
• Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
• Bentuk tes:
o objektif
o uraian


Bahan/Sumber Belajar:
• Soedarso.(2002). Membaca Cepat
• Parera,J.D. (1984). Menulis Tertib dan Sistematik
• Akhadiah,S. (1988). Modul Menulis II.Jakarta: Universitas Terbuka.
• Akhadiah,S. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahas Indonesia
• Alwasilah,A.Ch. & Suzan, S. (2005). Pokoknya Menulis
• Finoza,L. (2004-2005). Komposisi Bahasa Indonesia.
• Modul B. Indonesia Tkt. Madia






Gunungsitoli, Juli 2011



Mengetahui
Kepala Sekolah… Guru Mata Pelajaran




Faahakhododo Waruwu, SE.,M.Ec.Dev. Darius Telaumbanua, S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar